Pages

Powered by Blogger.

Sunday, January 27, 2013

Pengertian Ekosistem Lingkungan Hidup

Suatu komunitas memerlukan lingkungan sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Komunitas-komunitas akan selalu memiliki interaksi dengan lingkungannya sehingga membentuk satu kesatuan ekologi yang disebut ekosistem. Menurut proses pembentukannya, ekosistem terdiri atas ekosistem alami dan buatan.
  1. Ekosistem alami, terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia. Ekosistem alami ini ada yang berupa ekosistem daratanmisalnya ekosistem hutan atau ekosistem alami misalnya ekosistem danau.
  2. Ekosistem buatan atau non alami, dibentuk secara sengaja oleh manusia. Sebagai contoh ekosistem kebun dan ekosistem akuarium.
Di dalam suatu ekosistem akan terjadi hubungan timbal balik, baik antarfaktor botik maupun antar faktor biotik dengan faktor abiotik. Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan untuk tumbuh dan untuk melakukan kegiatannya.
Tumbuhan yang mengandung klorofil dapat membuat membuat makanannya sendiri dengan cara berfotosentesis. Untuk berfotosintesis, tumbuhan memerlukan energi yang berasal dari sinar matahari. Pada tahap ini terjadi saling ketergantungan antara faktor biotik yaitu tumbuhan dengan faktor abiotik yaitu sinar matahari. Tumbuhan yang mampu melakukan fotosintesis dan menghasilkan makanan sendiri disebut sebagai produsen.
Hewan pemakan tumbuhan disebut juga herbivora atau konsumen I, secara langsung bergantung pada tumbuhan produsen. Hewan herbivora menjadi sumber makanan untuk hewan pemakan daging (karnivora primer atau konsumen II). Manusia merupakan omnivora yaitu dapat memakan tumbuhan maupun daging (karnivora sekuder atau konsumen II). Konsumen I,II,III akan menghasilkan kotoran atau apabila mati akan diurai oleh dekomposer menjadi zat hara. Zat hara ini yang kemudian dibutuhkan oleh tumbuhan untuk tumbuh.
Peristiwa hewan memakan tumbuhan maupun hewan memakan hewan lainnya atau hubungan makan memakan ini disebtu sebagai rantai makanan,
Dengan demikian, di ruang muka bumi ini terdapat rangakain dan jalinan makan dan dimakan antaramakhluk hidup. Hal demikian terjadi sebagai upaya makhluk hidup mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tidak ada makhluk hidup lain yang mampu hidup di luar rangkaian dan jalinan itu. Mengapa? karena, senantiasa terdapat saling ketergantungan, baik di antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya maupun anatara makhluk hidup dengan lingkungannya.

sumber:http://www.artikellingkunganhidup.com/pengertian-ekosistem-lingkungan-hidup.html

0 comments:

Post a Comment